Minggu, 17 Oktober 2010

Pemanfaatan Energi Nuklir Diterapkan Pada Waktu Yang Tepat

Pengembangan teknologi nuklir sebagai sumber energi alternatif dengan segala kelebihannya memerlukan penguasaan teknologi dan displin yang tinggi dalam penyelenggaraannya. Beberapa negara yang memiliki sumber daya energi terbatas telah memanfaatkan nuklir sebagai energi alternatif.

Tingkat efisiensi yang tinggi yang bersumber dari energi nuklir sebagai bahan bakar PLTN telah membuat beberapa negara yang memiliki sumberdaya energi terbatas telah memanfaatkannya sebagai sumber energi alternatif sedangkan di negara-negara yang masih memiliki sumber daya energi primer yang masih mencukupi, belum seluruhnya mengembangkan energi nuklir, namun secara umum sudah melakukan persiapan kearah mengembangan PLTN.

Menanggapi hal tersebut Menteri ESDM dalam Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR, Senin (19/4), mengatakan, meskipun saat ini Indonesia masih memiliki banyak sumberdaya energi yang cukup namun tidak akan menyia-nyia kan waktu guna membuat persiapan yang memadai dalam aspek infrastruktur hukum/regulasi serta penguasaan teknologi PLTN sejak dini.

Penerapan teknologi nuklir, jelas Menteri, memerlukan persiapan yang panjang, dimana berdasarkan pengalaman dari sejumlah negara memerlukan waktu antara 10 hingga 15 tahun. Pengembangan kearah pemanfaatan energi nuklir di Indonesia untuk tujuan damai mendapat dukungan dari negara-negara sahabat. “Beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan telah menyampaikan dukungannya bila Indonesia ingin mempersiapkan diri guna membangun PLTN kelak pada waktunya”, ujar Menteri.

Pengembangan energi nuklir sebagai pembangkit memiliki keunggulan namun memerlukan penguasaan teknologi dan disiplin yang tinggi dalam penyelenggaraannya. Banyak kalangan di lingkungan akademis, dunia usaha maupun parlemen di Indonesia mendukung PLTN, namun tidak sedikit kalangan yang masih mengkhawatirkan berdirinya PLTN di Indonesia.

"Yang terpenting saat ini, adalah meningkatkan pemahaman masyarakat atas perkembangan tekonologi nuklir dewasa ini yang sudah sangat maju (jauh berbeda pada masa bencana Bhopal atau Charnobyl) dan mempersiapkan penguasaan teknologi serta infrastruktur hukum dan peraturan lebih dini agar telah tersedia pada saat diperlukan," lanjut Menteri. (SF)

Sumber :
http://www.esdm.go.id/berita/umum/37-umum/3311-pemanfaatan-energi-nuklir-diterapkan-pada-waktu-yang-tepat.html
19 April 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar